KURSUS URBAN FARMING

By Dwi
In August 4, 2016
2783 Views
  1. LATAR BELAKANG

 

Pada masa sekarang ini dirasakan program Urban Farming merupakan salah satu kebutuhan, masyarakat perkotaan yang telah terbiasa tergantung pada pasar konvensional dalam memenuhi kebutuhan hidup, terutama pada sektor pertanian, harus mulai merubah kebiasaannya.

Urban Farming merupakan pertanian di perkotaan, mendeskripsikan sistem produksi pangan di perkotaan. Memanfaatkan  lahan sempit di perkotaan (urban)  yang di konversi menjadi lahan pertanian produktif yang hijau yang dilakukan oleh masyarakat untuk dapat menghasilkan produk pertanian dan perikanan sehingga dapat memberikan manfaat bagi mereka.

Pertanian urban memiliki dampak secara sosial dan emosional pada setiap orang. Pekarangan dan kebun yang terdapat di perkotaan diketahui dapat merelaksasi dan menenangkan, dan memberikan tempat bagi masyarakat untuk beristirahat di kawasan perkotaan yang padat. Pada berbagai orang, keberadaan kebun juga merupakan kebanggaan dalam hidup bertetangga.

Kebun dan Gedung Kantor Lisna Grup

                         LISNA GRUP bergerak di berbagai pekerjaan seperti pelayanan jasa Bidang Teknik, Manajemen, Pelatihan dan Keterampilan Kerja. Bertindak juga sebagai Agen, Distributor serta Pemborongan Pembangunan. Beralamat di Jalan Raden Sanim No 1 RT 1 Rw 10 Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji Kota Depok, dengan luas halaman 2700 m² dimanfaatkan untuk bertani dan berkebun dengan mengembangkan teknik vertikultur, hidroponik dan akuaponik untuk menanam sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman herbal, disamping untuk Gedung Kantor dan Laboratorium.

POt

Pot Vertikultur dari pipa paralon

INS_AQUA

Instalasi Akuaponik

 

INST_HIDRO

Instalasi Hidroponik

 

SEL_SURYA

Sel Surya, back up pasokan PLN

 

  1. TUJUAN KURSUS

 

Kursus ini bertujuan  memberikan pengetahuan praktis bagaimana memanfaatkan  lahan sempit di perkotaan (urban) untuk dapat menghasilkan produk pertanian dan perikanan. Dalam kursus ini diberikan pengetahuan tentang bagaimana cahaya matahari dalam hunian perkotaan dapat dimanfaatkan dengan berbagai teknik agar dapat menghasilkan produk pertanian dan perikanan.

Pengikut kursus ini diharapkan adalah penduduk pekotaan yang tinggal di hunian dengan lahan sempit. Setelah mengikuti kursus ini diharapkan pengikut kursus dapat memanfaatkan lahan tempat huniannya menghasilkan produk pertanian dan perikanan agar biaya belanja bulanannya bisa di hemat.

 

  1. LAMA DAN TEMPAT KURSUS

 

Karena diperkirakan pengikut kursus sebagian adalah para pegawai yang masih aktif bekerja, maka kursus diadakan pada hari Sabtu jam 08.30 – 16.30 WIB.

Tempat penyelenggaraan kursus adalah Kantor Pusat Lisna Grup di Jalan R. Sanim Nomor 01 Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji Kota Depok 16426. Telp (021) 29208917 Fax (021) 29208917 Email : pt.lisnaabdikarya@gmail.com

 

  1. MATERI KURSUS                                                                                                                                                                                                                 POt                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

Materi Kursus berisi :

A. Fisiologi Tanaman

  1. Fungsi Akar
  2. Fungsi Batang
  3. Fungsi Daun                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Pot Vertikultur di tepi jalan masuk
  4. Pembuahan
  5. Tanah sebagai media tanaman, pupuk

B. Macam Tanaman, Karakteristik dan Umur

  1. Sawi, umur , hama
  2. Selada air, umur, hama
  3. Kangkung, umur, hama
  4. Kacang panjang, umur, hama
  5. Terong, umur, hama
  6. Cabe, umur, hama.

C. Teknik Verticultur

D. Hidroponik

E. Akuaponi

F. Perikanan

  1. Lele, pakan, umur
  2. Nila, pakan, umur
  3. Mujair, pakan, umur
  4. Gurami, pakan, umur

G. Pemanfaatan sampah organic dari dapur menjadi pupuk

H. Budidaya jamur

I. Green House

J. Sel Surya sebagai cadangan pasokan PLN

K. Peninjauan Lapangan di Lisna Grup

 

V. BIAYA KURSUS

Biaya kursus adalah Rp. 500.000,- per orang. Satu kelas berisi 8 – 15 orang.

Termasuk biaya makan siang dan dua kali rehat kopi.

 

VI. INSTRUKTUR

Sarjana pertanian yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun.

VII.  KELENGKAPAN

Diberikan Diktat dan Sertifikat kehadiran.

 

GREEN_1GAM2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Comment